Pilih Bahasa

Powered By Blogger

Rabu, 26 Mei 2010

KANTUNG TIDUR IKAN BETET

Ikan betet menutupi tubuhnya dengan zat yang mirip gelatin (agar-agar), khususnya di malam hari. Marilah kita amati bagaimana dihasilkannya zat ini serta penggunaannya. Ikan betet menghasilkan zat ini untuk melindungi diri mereka di malam hari terhadap pengaruh dari luar. Zat ini melindungi ikan dari pemburu nokturnal, yakni pemburu yang beraksi di malam hari. Selain itu, adanya zat ini memungkinkan ikan untuk menyamarkan dirinya.

Pertama, lendir yang terdiri dari gelatin ini dikeluarkan oleh kelenjar yang terletak di sisi bagian atas dari rongga insang, saat ikan bernafas. Setelah beberapa saat, pelapis mirip-gelatin ini membungkus seluruh tubuh ikan. Fungsi terpenting kantung tidur tembus pandang ini adalah untuk melindungi ikan terhadap belut moray, yang tergolong musuh terbesar ikan betet. Belut moray memiliki indera penciuman yang luar biasa tajam, dan mereka mencari mangsanya dengan menggunakan kemampuan ini. Namun demikian, karena memiliki lapisan pelindung yang ketat ini, moray tidak dapat mencium bau ikan ini, bahkan bisa tidak memperhatikan walaupun mereka menabrak ikan ini saat lewat di sebelahnya.17

Melihat mekanisme yang luar biasa ini, seseorang harus mempertanyakan, bagaimana ikan betet ini bisa melengkapi diri dengan lapisan pelindung pada malam hari? Bagaimana mereka menemukan bahan sepenting itu yang mengganggu indera penciuman moray yang tajam serta membuat mereka aman dan nyaman melewati malam?

Tidak mungkin kita menganggap ikan berpikir dan merencanakan untuk menghasilkan zat di dalam tubuhnya dan kemudian menutupi tubuhnya dengan zat ini. Selain itu, tidak mungkin pula proses pembentukan seperti ini terjadi dengan sendirinya sejalan dengan waktu. Jika ikan betet tidak dapat merencanakan untuk menghasilkan zat dengan kecerdasannya sendiri dan membentuk sistem sedemikian di dalam tubuhnya dengan kemauannya sendiri, ikan betet yang hidup 10.000 tahun yang lalu tidak akan mampu melakukan hal ini pula.

Tubuh ikan yang dilapisi dengan gelatin, yang bertujuan untuk menyamarkan diri dari musuhnya dengan jitu, adalah hal yang sangat cakap. Jelaslah bahwa keistimewaan yang seperti ini dapat terjadi hanya karena adanya perancangan yang cerdas. Kecerdasan ini bukanlah milik ikan atau makhluk apa pun selain Allah, Yang telah menciptakan dan merencanakan semua ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More