Pilih Bahasa

Powered By Blogger

Rabu, 26 Mei 2010

Keanekaragaman Mata Hewan

Struktur mata ikan memungkinkan ikan melihat di dalam air dengan jelas, sementara mata burung memungkinkan burung untuk melihat di udara saat sedang terbang. Struktur mata makhluk lainnya dirancang dengan khusus pula sehingga sesuai dengan kebutuhan mereka. Jelaslah bahwa organ seperti mata yang berstruktur kompleks tidak memperoleh ciri khasnya dengan begitu saja, ciri yang berbeda-beda pada setiap makhluk. Setiap orang yang mencermati contoh-contoh ini dengan sadar dan bijaksana akan segera melihat fakta bahwa semua makhluk telah diciptakan oleh Allah. Contoh-contoh yang diberikan di bawah ini merupakan cara untuk merenungkan fakta ini.

Burung memiliki indra penglihatan yang lebih tajam daripada manusia, dan mereka dapat mengamati wilayah yang lebih luas dengan teperinci. Seekor burung dapat melihat sekaligus gambar-gambar yang hanya dapat dilihat manusia per bagian; bagi burung, gambar-gambar ini terlihat secara keseluruhan dengan pandangan sekilas. Bagi burung, ini keuntungan besar dalam berburu. Bila dibandingkan dengan manusia, sebagian burung dapat melihat benda dalam jarak enam kali lebih jauh daripada pandangan kita.

Bagi manusia, kehilangan pandangan sesaat yang terjadi saat mata berkedip, dalam hitungan detik, tidak terlalu penting. Tetapi, hal ini bisa menjadi masalah besar bagi burung yang terbang sangat cepat pada ketinggian beratus-ratus meter. Karena itulah, bila burung mengedipkan mata, tidak terjadi penghentian apapun di dalam penglihatannya karena burung memiliki kelopak mata ketiga yang disebut selaput pengerjap. Selaput ini bersifat tembus pandang dan bergerak dari satu sisi mata ke sisi mata yang lainnya. Maka, burung-burung dapat mengedipkan mata tanpa benar-benar menutupnya. Sebagai tambahan, burung-burung yang menyelam ke dalam air, menggunakan selaput ini sebagai kaca mata penyelam sehingga melidungi mata dari bahaya.

Contoh yang lain adalah mata unta, yang juga memiliki keistimewaan dalam memberikan perlindungan tepat seperti yang dibutuhkan. Tulang keras di sekitarnya melindungi mata dari cahaya matahari dan pukulan. Bahkan badai pasir yang paling kuat tidak dapat melukai mata unta karena bulu mata unta memiliki struktur yang terpaut satu sama lain dan mata dapat tertutup dengan sendirinya pada saat-saat bahaya. Dengan demikian, tidak ada yang dapat memasuki mata hewan ini, walaupun itu berupa setitik kecil debu.

Mata ikan melihat ke sekelilingnya dari balik sekat tembus pandang. Tirai pelindung ini menyerupai kaca mata penyelam. Lensa mata ikan yang bulat dan kukuh disesuaikan untuk melihat benda-benda dalam jarak dekat. Alasan lain mata ikan berbentuk bulat adalah karena cahaya dibiaskan saat melewati air. Karena mata ikan terisi cairan yang berberat jenis hampir sama dengan berat jenis air, saat gambar yang terbentuk dari luar dipantulkan di mata, pembiasan tidak terjadi. Sebagai akibatnya, gambar dari benda di luar dengan sempurna dipusatkan pada retina oleh lensa, dan tidak seperti manusia, ikan dapat melihat dengan sangat jelas di dalam air.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More