Pilih Bahasa

Powered By Blogger

Jumat, 18 Juni 2010

Lirik dan syair qasidah Kristen karya penginjil asal Lamongan, Jawa Timur yang menyebut dirinya Yosua, memang kental bahasa arabnya. Tujuannya jelas, agar umat Islam bisa disusupi ajaran Kristen, Tapi, umat Islam bukan kaum terbelakang yang mudah diperdaya.

Meski dialihbahasakan ke seribu bahasa, jika isinya tentang trinitas dan yesus kristus, umat sudah paham. Apalagi jika bahasa Arab yang digunakan salah susunan tata bahasanya, sang penginjil akan tertipu oleh dirinya sendiri.

Misalnya syair lagu Isa Kalimatulloh. "Fii-bad'i kana al-kalimah. Wa kana al-kalimatu kana 'indillaahi. Huwa fii-bad'i kana 'indillaahi. Bihi ma kana kullu syai'in wa bighoirihi makana syai'in mimma kana". Sang penginjil, seharusnya menulis "indalloohi" bukan "indillaahi", Kata "al-kalimatu" tidak memakai huruf alif. Kata "wal-kalimatu" ditulis "wa kana al-kalimatu". Padahal, syair ini mengutip Injil Yohanes 1:1-3.

Lagu berjudul "Nahmaduka Ya Allah", lirik dan syairnya mirip dengan qasidah umat Islam. Secara umum, syairnya tak bermasalah secara akidah Islam.

Berikut kutipannya : "Nahmaduka ya Allah, nahmaduka ya Allah, Ana nad'u la asmika, ana nad'u la asmika. Allahy ma'rufun lil-mustaqim sholihun lianqiyail qulub".

Terjemahannya, "Kami syukur ya Allah. Aku serukan nama-Mu. Allah itu sungguh baik bagi yang bersih hatinya". Tapi, secara kaidah bahasa Arab, banyak kesalahannya. Misalnya, kata "ma'ruuf", "syukur" dan "al-quluub" ditulis tanpa huruf "wawu mati". Persoalannya, syair ini menjadi alat propaganda Yahudi dengan menyisipkan kalimat "Allahu 'adhimun fi Isra'il" ( Allah itu terkenal di Israel).

Pesan rasialis lain, misalnya pernyataan tidak ada Allah kecuali di Israel. "Sekaang aku tahu, bahwa diseluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel. Karena itu, terimalah kiranya suatu pemberian dari hambamu ini" (II Raja-raja 5:15).

imageDemikian juga dengan lagu berjudul Allahu Akbar. Lirik dan nadanya serupa dengan qasidah umat Islam. Syairnya juga cukup bagus. Berikut kutipannya, "Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, pujilah asma Allah. La ilaha illallah, Tinggikan nama Tuhan. Allahu Akbar fil jannah, tiada yang seperti Dia. Allahu Akbar fiddunya, Allahu Akbar fil-jannah, Allahu ya Allah, pujilah asma Allah".

Tapi, yang serupa belum tentu sama. Karena, dalam syair Allahu Akbar ini diselipkan kalimat "Ya Robbi Al-Masih". Kalimat inilah yang melanggar akidah Islam. Dalam Islam, Allah SWT memiliki sifat Maha Besar (al-kabir). "Sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS al-Hajj:62, baca juga ar-Ra'd:9 dan al-Mukmin:12).

Karena tak ada sesuatupun yang serupa dengan Allah (QS asy-Syura:11, al-Ikhlas:4), satu-satunya yang layak dan berhak disebut Allahu Akbar (Allah Maha Besar) hanya Allah SWT. Menyebut makhluk ciptaan Allah sebagai Allahu Akbar adalah pelanggaran akidah, disebut musyrik (mempersekutukan Allah).

Keesaan Tuhan dalam Islam juga diakui teolog kristen. Pendeta Dr. Harun Hadiwijono mengakui dalam bukunya Inilah Sahadatku. "Bagi agama Islam dosa yang tidak dapat diampuni adalah syirik, yaitu mempersekutukan Allah. Dalam al-Qur;an surah 4:48 disebutkan, Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, sekalipun Tuhan berkenan mengampuni dosa selain daripada dosa syikrik itu. Agama Islam memang menekankan sekali keesaan Allah," (hlm 195).

Jadi, syair qasidah yang menyebut Isa Almasih sebagai Allahu Akbar, adalah dosa besar yang memusyrikan Allah. Karena Nabi Isa menolak penuhanan terhadap dirinya (QS al-Maaidah:116-118).

Kemusyrikan itu bermula dari doktrin Trinitas (tritunggal) yang diyakini umat Nasrani. Brosur yang dikeluarkan Sekolah Tinggi Teolog Joseph KAM menyebutkan, Allah Tritunggal terdiri dari tiga pribadi, yaitu Allah Bapak, Allah Anak (Yesus) dan Allah Roh Kudus.

"Allah memiliki tiga pribadi yang setara, sehakikat, sekehendak, satu zat, tidak bercampur, tidak berpisah dan tidak berasal mula. Allah bukan hanya Bapak saja, tapi juga Yesus dan Roh Kudus. Bapak bukan Allah dalam keseluruhannya, tapi juga Yesus dan Roh Kudus. Yesus Kristus adalah seratus persen Allah dan seratus persen manusia, namun Allah bukan hanya Yesus Kristus saja, tetapi juga Bapak dan Roh Kudus."

Doktrin diatas adalah slogan yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, karena tak sesuai dengan fakta yang ada. Bibel sendiri menunjukkan bahwa Yang Maha Besar hanya Tuhan, "Sebab Tuhan Maha Besar sangat terpuji, Ia lebih dahsyat daripada segala Allah," (Mazmur 96:4).

"Tuhan itu Maha Besar dan Tuhan kita itu melebihi segala Allah," (Mazmur 135:5). Sifat Tuhan kekal tak berubah selamanya (Maleakhi 3:6) dan tidak ada yang menyamai-Nya karena tak ada ilah sebelum dan sesudah Dia (Yesaya 43:10). Bibel juga menantang manusia yang ebrbuat musyrik pada-Nya, dalam firman-Nya, "Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?" (Yesaya 40:18).

Faktanya, tak ada yang berani menjawab tantangan ini, termasuk Yesus Kristus yang diklaim sebagai "Allahu Akbar" oleh para penginjil. Padahal, Yesus sendiri tak berani menyebut dirinya Allahu Akbar. "Bapaku, yang memberikan mereka kepadaku, lebih besar daripada siapapun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa," (Yohanes 10:29).

Kini, setelah dua puluh abad sepeninggal Yesus dari dunia, muncul penginjil yang lancang memberi gelar "Allahu Akbar" pada Yesus. Gelar ini jelas salah alamat. Selain salah secara teologis, syair qasidah yang diciptakannya juga salah secara bahasa. (FAKTA/sabili)

Baca Awas Qasidah Nasrani (1)
http://forum.swaramuslim.net/more.php?id=4033_0_24_0_M

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More